Cara Mengatur Ulang Pengaturan Keyboard pada Samsung Galaxy A13 5g

  • Bagikan Ini
Jennifer Wright

Postingan ini akan memandu Anda dalam memulihkan opsi default keyboard Samsung. Berikut panduan singkat tentang cara mengatur ulang pengaturan keyboard pada Samsung Galaxy A13.

Apakah keyboard Samsung Anda bermasalah atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Keyboard mungkin mengalami beberapa gangguan acak. Jika memulai ulang aplikasi dan perangkat itu sendiri tidak memperbaiki masalah, maka mengatur ulang keyboard mungkin dapat membuatnya kembali dan berjalan dengan lancar lagi. Ini adalah saat reset keyboard Samsung berguna.

Pengaturan Ulang Papan Ketik Samsung

Banyak fitur dari aplikasi keyboard bawaan Samsung dibuat untuk dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan kecenderungan setiap pengguna. Tetapi faktanya tidak semua pengaturan yang dikustomisasi menghasilkan output yang baik dan dengan demikian Anda akan berakhir dengan keyboard dengan tampilan atau perilaku yang merugikan.

Untungnya Samsung juga menawarkan fungsi khusus untuk mengembalikannya kembali ke normal dengan perintah reset keyboard Samsung bawaan.

Melakukan reset keyboard pada aplikasi Samsung akan sepenuhnya menghapus semua pengaturan keyboard kustom termasuk ukuran teks, tema, mode, dan opsi lainnya. Namun, hal ini tidak menghapus bahasa yang diunduh, sehingga Anda masih dapat menggunakan bahasa pilihan Anda setelahnya.

Setelah pengaturan ulang keyboard, Anda dapat mulai mengubah pengaturan yang diperlukan dan menyesuaikan fitur keyboard pada ponsel agar berfungsi sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah-langkah untuk Mengatur Ulang Pengaturan Keyboard pada Samsung Galaxy A13

Proses pemulihan default pabrik pada aplikasi keyboard Samsung Galaxy A13 mirip dengan perangkat Samsung Galaxy lainnya yang berjalan pada versi One UI yang sama.

Untuk memastikan semua fitur utama dan item menu tersedia, perbarui perangkat lunak perangkat Anda ke versi terbaru yang tersedia.

Setelah Anda menyiapkan semuanya, Anda dapat melanjutkan dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Pertama, ketuk ikon Pengaturan dari Home screen atau Apps viewer untuk meluncurkan aplikasi pengaturan.

Langkah 2: Dalam menu pengaturan utama, cari dan kemudian ketuk General management (Manajemen umum). Menu lain akan terbuka dengan daftar fitur yang relevan.

Langkah 3: Temukan lalu ketuk pengaturan Samsung Keyboard untuk melanjutkan.

Langkah 4: Pada layar berikutnya, ketuk Reset ke pengaturan default.

Langkah 5: Jendela lain terbuka dengan dua opsi yang tersedia. Pilih opsi untuk Reset pengaturan keyboard.

Langkah 6: Baca prompt peringatan, lalu ketuk Reset untuk mengonfirmasi.

Melakukan pengaturan ulang ini akan menghapus semua perubahan terbaru yang dilakukan pada aplikasi keyboard Samsung dan kemudian nilai keyboard default dipulihkan.

Atau, Anda dapat mengakses pengaturan Samsung Keyboard langsung dari aplikasi itu sendiri.

  • Untuk melakukan ini, cukup luncurkan aplikasi keyboard Samsung atau aplikasi lain yang menggunakan keyboard Samsung dan kemudian ketuk ikon Pengaturan (roda gigi) pada keyboard untuk masuk ke menu pengaturan.

Di sana Anda dapat mengatur ulang opsi keyboard individual seperti ukuran, tema, mode, simbol, dll. dan mendapatkan kembali keyboard default.

Jadi, alih-alih mengatur ulang semuanya, Anda bisa mengatur ulang atribut/elemen keyboard satu per satu.

Mengatur Ulang Atribut Keyboard Individual di ponsel Samsung

Untuk mengatur ulang ukuran keyboard Samsung, buka menu pengaturan aplikasi Samsung Keyboard lalu ketuk Ukuran dan transparansi dan ketuk tombol Reset.

Untuk mengatur ulang simbol keyboard Samsung, buka menu pengaturan aplikasi keyboard Samsung lalu ketuk Simbol khusus. Pada layar berikutnya, ketuk Reset di sudut paling kanan atas untuk mengembalikan simbol keyboard default.

Untuk mengatur ulang Tema Samsung Keyboard, buka pengaturan aplikasi Samsung Keyboard lalu buka Tema dan kemudian pilih tema asli yang ditetapkan untuk aplikasi.

Atau, Anda dapat mengembalikan tema default untuk aplikasi keyboard Samsung dengan menuju ke aplikasi Galaxy Theme.

Untuk melakukan ini, cukup buka menu Settings-> Themes dan kemudian ketuk ikon tiga-bar di sudut kiri atas layar Galaxy Themes. Pilih My Stuff dari opsi menu samping dan kemudian ketuk tema Default untuk memilihnya.

Prosedur di atas hanya berlaku untuk aplikasi keyboard stok Samsung. Jika Anda telah mengubah aplikasi keyboard default dan menggunakan keyboard lain seperti Gboard, Swiftkey, Chrooma, Go Keyboard, Fleksy, Android L Keyboard, atau TouchPal, prosedur sebenarnya dapat bervariasi mengingat masing-masing aplikasi ini memiliki antarmuka, fitur, dan item menu yang berbeda-beda.

Kapan Mengatur Ulang Pengaturan Keyboard?

Sama seperti perintah reset lainnya, melakukan reset keyboard juga dianggap sebagai salah satu solusi potensial lainnya untuk gangguan acak yang terjadi saat menggunakan aplikasi keyboard di ponsel.

Masalah keyboard Samsung yang dipicu dari pembaruan perangkat lunak seperti input tombol yang tertunda, keyboard yang tidak responsif, keyboard crash secara acak, dan kesalahan pemuatan keyboard juga dapat diperbaiki dengan melakukan reset ini.

Ini tidak memengaruhi data pengguna apa pun sehingga semua aplikasi dan file yang Anda unduh akan tetap tersedia di sistem.

Dan itu semua tentang memulihkan aplikasi keyboard Samsung Galaxy A13 ke status pabriknya dengan memicu perintah pengaturan keyboard reset bawaan.

Semoga ini membantu!

Silakan lihat saluran YouTube kami untuk melihat lebih banyak video tutorial dan pemecahan masalah untuk perangkat iOS dan Android populer.

Anda Mungkin Juga Ingin Membaca:

  • Cara Memperbaiki Masalah iPhone 13 Tidak Mau Menyala
  • Cara Mengambil Tangkapan Layar pada Samsung Galaxy S21
  • Layar Apple iPhone 13 Berkedip-kedip? Inilah cara Anda memperbaikinya!
  • Kamera Samsung Galaxy S21 Terus Menerus Ngadat? Inilah cara Anda memperbaikinya.
  • Cara Mengatur Ulang Samsung Galaxy S21 yang Beku

Hai, saya Jennifer. Saya bekerja di GadgetMatch, tempat kami menghabiskan waktu berjam-jam mengutak-atik smartphone sehingga Anda tidak perlu melakukannya. Kami harap Anda dapat menemukan bantuan yang Anda cari dengan panduan pemecahan masalah kami yang disederhanakan atau tips & Trik!