Pesona Wisata Hutan Albasia di Kubu Raya

Wisata Alam Hutan Albasia di Kubu Raya – Sengon (Albizia chinensis) adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Tiongkok selatan, dan Indonesia. Tanaman Albasia/Sengon merupakan jenis tanaman jangka panjang yang memerlukan perawatan khusus secara kontinue selama kurang lebih 3 tahun, atau kira-kira tanaman tersebut sudah hampir mencapai lingkaran gelang tangan orang dewasa, baik itu pemupukan, penyiangan rumput, ataupun penggemburan tanah di sekitar pohon albasia tersebut. perawatan tersebut sangatlah di perlukan, karena masa 1 – 3 tahun, merupakan masa pertumbuhan yang sangat baik, dan ini sangatlah penting untuk di lakukan secara berkala.”Untuk pemupukan biasanya di lakukan pada 30 hari setelah penanaman, hal ini penting mengingat akar tanaman sudah mulai tumbuh, dan mampu menyerap pupuk yang ada. ada pun untuk pupuknya bisa dengan organik maupun anorganik, dengan ukuran yang cukup. untuk pemupukan sendiri di lakukan 1 tahun 2 kali, yaitu sekitar 6 bulan sekali.

Wisata Hutan Albasia adalah objek wisata alam nan asri penuh pepohonan, tepatnya di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Wisata alam hutan albasia merupakan pengeloaan dari lahan dari PT Alas kusuma yang memiliki luas sekitar 3 hektar lebih, penataan dan pemandangan alam yang ada di albasia memiliki daya tarik tersndiri bagi pengunjung, apalagi di sekitar albasia sudah ada pendopo yang bisa mereka gunakan untuk beristirahat sambil menikmati alam bebas, selain sebagai tempat rekreasi, hutan albasia juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan sharing dan diskusi dari berbagai komunitas termasuk komunitas Blogger Kubu Raya yang melakukan kunjungan ke areal tersebut sabtu (13/02/21).

Sejarah Terbentuknya Tempat Wisata ini

“Awalnya memang terabaikan hutan ini, namun saya lihat sepertinya hutan ini berpotensi untuk dikembangkan jika dikelola menjadi wisata alam. Makanya secara bertahap saya rangkul para pemuda di desa untuk sama-sama membuat hutan ini menjadi objek wisata alam di desa,” kata Kepala Desa Kuala Dua, Abbas, disela-sela peresmian Hutan Albasia menjadi salah satu destiasi wisata di Kubu Raya,

Abbas menceritakan, hutan tersebut sebelumnya tidak dimanfaatkan dan terbaikan, melihat peluang bisa menjadi objek wisata alam, Abbas mengaku pihaknye memberanikan diri berkoordinasi dengan PT. Alas Kusuma selaku pemilik lahan untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai salah satu objek wisata di desanya. “Alhamdulillah, niat baik kami mendapat respon positif dari pemilik lahan, dan akhirnya secara bertahap hutan ini pun kami sulap menjadi salah saut objek wisata alam di Kubu Raya ini,” jelasnya.

Harga tiket masuk di wisata ini hanya Rp. 5000 dan Rp. 2000 Untuk Parkir, Wisata Hutan Albasia ini buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai dengan 21.00

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *